Banner Ads dengan Kotlin

Setelah berhasil membuat Hello Word! dengan kotlin, selanjutnya adalah memasang Iklan. Ada banyak penyedia Iklan, salah satu yang populer adalah Admob dari Google. Jenis iklan pun ada beberapa macam, jenis iklan dari admob untuk saat ini yang dapat digunakan adalah Banner, Interstitial dan Rewarded Ads.

Pada tutorial kali ini akan membahas pemasangan Banner Ads.

  1. Tambahkan “google play services” pada build.gradle, tambahkan dependencies berikut.

  2. Menambahan AdView pada activity_main.xml. Ada macam-macam ukuran yang disediakan oleh Google. Untuk posisi Banner di bawah atau atas lebih bagus menggunakan SMART_BANNER, karena lebar iklan  menyesuaikan lebar layar.

  3. Buka MainActivity.kt, tambahkan kode berikut untuk menampilkan iklan. Lalu jalankan Aplikasi.

Sampai disini, iklan Banner sudah bisa tampil, dan sudah kelihatan perbedaan antara Kotlin dan Java. Jika dengan java untuk butuh beberapa baris kode untuk sekedar menampilkan iklan, tapi dengan kotlin bisa di ganti hanya menggunakan 1 baris kode saja.

Tips : Adakalanya kadang iklan tidak mau tampil, misal karena jaringan yang error atau kode iklan yang bermasalah. Kita bisa melacak sampai mana proses yang di jalankan menggunakan Logcat. Penggunaanya cukup tambahkan kode berikut.

untuk implementasi kita gunakan even listener pada AdView.

 

Facebook Comments